Monday, 16 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 11 May 2016 - 19:29 wita

Ombudsman Sulsel: Pengawas Harus Tegur Pejabat yang Masuk Ruangan Ujian

Reporter: zhizhi |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Ombudsman RI Perwakilan Sulsel
Ombudsman RI Perwakilan Sulsel
()

CELEBESONLINE (Makassar): Meski peraturan menegaskan tidak boleh ada yang masuk ke ruangan ujian selain pengawasan dan pihak pengamanan, namun masih sering ditemui peraturan itu dilanggar sengaja. Pelanggarnya justru pejabat setempat yang datang dengan agenda meninjau pelaksanaan ujian.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel Subhan Joer menyebut, kunjungan pejabat saat ujian nasional berlansung merupakan pelanggaran standar operasi Ujian Nasional yang kerap terjadi dari tahun ke tahun. “Agar kejadian ini tidak berulang, kami akan melakukan pertemuan bersama Pemerintah Provinsi Sulsel dan pemerintah kabupaten/kota,” kata Subhan.

Saat Ujian Nasional biasanya sejumlah sekolah mendapatkan kunjungan dari pejabat, misalnya, kunjungan Sekretaris Kota Makassar di SMP Negeri 5 Makassar, Senin pekan ini. Menurut Subhan, kunjungan pejabat ke dalam ruang ujian sangat mengganggu konsentrasi peserta ujian. “Pengawas seharusnya tidak takut menegur pejabat untuk tidak masuk dalam ruangan ujian. Pemantauan kan bisa dilakukan di luar ruangan ujian,” kata subhan.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.