Sunday, 26 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 11 May 2016 - 14:10 wita

Ini Kriteria Kelulusan Siswa SMP

Reporter: Ridho Azlam |  Editor: Apriani - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Rasio kelulusan siswa kelas sembilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah 40 persen dari ujian nasional serentak dan 60 persen dari pihak sekolah. Hal ini berdasarkan ketentuan yang berlaku oleh Kemendikbud sejak tahun 2015 lalu.

Dengan ketentuan itu, nilai yang akan diambil oleh pihak sekolah ialah dari ujian nasional bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Sedangkan pihak sekolah akan menggunakan penilaian ujian akhir sekolah pada bidang studi lainnya serta kalkulasi nilai per semester para siswa.

Kepala SMP Maha Putera Tallo, Nur Syamsuddin, mengatakan bahwa sekolah penentu lulus atau tidaknya seorang siswa, kriterianya kan 60 persen dari sekolah 40 persen nilai ujian nasional. Itu dipadukan sehingga dapat nilai yang ditulis di ijazah nanti. 60 persen itu aspeknya mulai dari nilai semester 1, 3, 5, dan masuk nilai ujian sekolah.

Nur menambahkan, pihak sekolah telah melaksanakan ujian akhir sekolah pada tiga minggu sebelum ujian nasional yang diikuti 89 siswanya. Ketika pengumuman hasil nilai ujian nasional telah tiba, SMP Maha Putera telah memiliki standar tersendiri mengenai kelulusan para siswa.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.