Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 20 Apr 2016 - 21:35 wita

Gedung Fakultas Kedokteran Unibos Memiliki 3 Laboratorium

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE (Makassar): Menindaklanjuti SK Menteri No 95/KPT/I/2016 mengenai pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter Program Sarjana dan Prodi Profesi Dokter Program Profesi, Unibos melakukan ceremonial dimulainya renovasi Gedung Fakultas Kedokteran, Rabu (20/4/2016). Gedung ini berada di samping kanan Gedung Balai Sidang 45.

Dulunya, gedung tersebut direncanakan akan dibangun asrama saat masih dipegang Yayasan Andi Sose. Namun, pembangunan tersebut tidak tuntas dan gedung itu terbengkalai.

Karena itulah, Unibos memanfaatkannya menjadi gedung untuk Fakultas Kedokteran yang tahun ajaran 2016/2017 ini mulai menerima mahasiswa baru. 

Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Aksa Mahmud, Dr Sutrisno Muslimin, mengatakan bahwa renovasi tersebut menelan biaya sampai Rp 10 miliar. Itu sudah termasuk  biaya pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang proses perkuliahan.

“Gedungnya kan sudah berdiri, tinggal kita renovasi sehingga nampak lebih bagus,” katanya. Sutrisno menambahkan, Gedung ini nantinya berlantai 3 dengan biaya renovasi plus anggaran untuk penyediaan sarana dan prasarana berkisar Rp 10 Miliar.

Sementara itu, Rektor Unibos, Prof Saleh Pallu mengatakan bahwa renovasi ini ditargetkan selesai sekitar Agustus nanti. Sehingga, gedung tersebut sudah bisa dimanfaatkan untuk mahasiswa baru nantinya.

Gedung ini nantinya dibangun 3 lantai. Untuk lantai 1 dijadikan sebagai lobby dan juga akan ditempatkan 3 laboratorim yaitu Lab Anatomi, Lab Biomesik, dan lab kedokteran.

Lantai 2 merupakan area perkuliahan di mana akan terdpat 8 kelas kecil dan 4 kelas beaar. Sedangkan lantai 3 sebagai kantor akademik.

“Semua sudah kami persiapkan, termasuk SDM. Kami sudah punya dosen sendiri dan juga akan dibantu dosen dari Unhas dan UGM,” ucap Prof Saleh.

Untuk masuk Fakultas Kedokteran di berlakukan biasa Rp 500 ribu. Jika lolos, mahasiswa dikenakan uang pangkal sebesar Rp 225 juta serta SPP sebesar Rp 10 juta per semester.

“Saya kira, biaya itu masih rasional dan tergolong murah,” kata Prof Saleh.

Saat ini, sudah ada 50 pendaftar Fakultas Kedokteran Unibos melalui online. Mereka akan menjalani tes tahap pertama 23-24 April nanti.

“Pendaftar bukan hanya dari Sulsel tapi ada juga dari Jawa dan daerah lainnya,” ucap Prof Saleh. Ditambahkannya, Unibos memiliki standar yang ketat dalam menerima mahasiswa baru. Ini demi menjaga lulusan Fakultas Kedokteran benar-benar berkualitas.

Untuk tahun pertama ini, Unibos hanya membuka 50 kuota Maba Fakultas Kedokteran. (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.