Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Tuesday, 19 Apr 2016 - 10:19 wita

Mochammad Efan Pratama Pimpin Menwa Periode XXVII

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE (Makassar): UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Bosowa menggelar pelantikan dan serah terima jabatan periode XXVII/Tahun 2016-2017, Senin (18/4/2016). Menwa periode ini dipimpin Mochammad Efan Pratama.

Pelantikan dan serah terima ini dihadiri WR III Unibos, Dr Abdul Haris Hamid. Turut hadir Muh Said selaku Komandan Resimen Mahasiswa Provinsi Sulawesi Selatan, Kolonel Kav Susanto selaku Perwira Ahli Pangdam VII Wirabuana Bidang Manajemen Pertahanan Negara, serta sejumlah jajarannya.

Kegiatan ini mengangkat tema “Kobarkan Semangat Jiwa Muda dalam Bela Negara demi Terciptanya Integritas Nasional”. Tema ini mendapat apresiasi dari Kolonel Kav Susanto. Menurutnya, Menwa menjadi satu dari perangkat penting yang berada di garda terdepan dalam menghidupkan aktivitas bela Negara.

“Dibutuhkan kerja sama yang sistematis untuk melawan ancaman nyata dan tidak nyata yang mengancam kita saat ini,” ujar Susanto.

Ancaman nyata yang dimaksud seperti agresi militer. Namun menurutnya, hal yang paling mengancam hari ini adalah ancaman tidak nyata.

“Narkoba, teroris, bahkan kejahatan di dunia maya terus menggempur,” tegasnya. Sehingga, menurutnya persiapan diri untuk terlibat dalam aktivitas bela Negara dimulai dari profesi masing-masing.

Bela Negara didefinisikan sebagai bentuk perilaku dalam mencintai Negara Indonesia. Selaku perangkat Negara, TNI hari ini sedang pro aktif untuk menyebarluaskan semangat bela negara. “Semangat bela negara harus ditumbuhkan, minimal dimulai dari diri sendiri,” tuturnya.

Selain itu, Komandan Resimen Mahasiswa Provinsi Sulawesi Selatan yang juga merupakan anggota DPRD Kota Makassar ini menyampaikan kesalutannya atas alumni menwa Universitas Bosowa yang telah berkiprah di berbagai tingkatan yang lebih tinggi. Serah terima jabatan dari Komandan Joseph Djagong ke Komandan baru Moch. Efan Pratama ini memberikan tanggung jawab yang lebih untuk semakin merangkul mahasiswa untuk bergabung dalam organisasi ini dan semakin meningkatkan persatuan antar individu dari seluruh angkatan.

Dalam posisinya di bawah naungan Universitas Bosowa, WR III Unibos menegaskan bahwa menwa hadir sebagai garda terdepan dalam menjaga stabilitas kampus. Kesadaran bahwa menjaga keamanan adalah tugas bersama dan hidup dalam rasa aman adalah juga hak bersama maka seluruh civitas akademika juga akan turut andil di dalamnya. “Kami sangat mendukung dan terbantu dengan keberadaan menwa,” tutupnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.