Tuesday, 28 March 2017
Trending Topics:
Monday, 18 Apr 2016 - 12:19 wita

Gempa Ekuador Tewaskan 246 Jiwa dan Ribuan Terluka

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE (Ekuador ): Gempa bumi kekuatan 7,8 menguncang negara Ekuador, Sabtu (16/4/2016) waktu setempat. Gempa terjadi pada pukul 06.58 waktu setempat dan getaran terasa selama kurang lebih satu menit.

Pemerintah Ekuador telah menetapkan status darurat bencana di enam provinsi, setelah gempa terjadi di dekat wilayah pesisir negara tersebut.

Hingga kini, gempa tersebut telah menewaskan 246 jiwa dan sekitar 1.500 lainnya luka-luka. Pemerintah telah mengirimkan 10 ribu personil tentara dan 3.500 personil polisi untuk melakuka penyelamatan terhadap korban.

Gempa yang berpusat di dekat kota Muisne, menyebabkan bangunan bergoyang di ibukota Quito yang berjarak lebih 160 km dari pusat gempa.

Laporan menyebutkan sebuah jalan layang hancur di kota pelabuhan Guayaquil dan kerusakan bangunan terjadi di banyak area di negara itu. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang yang berbahaya kemungkinan dapat terjadi di wilayah pesisir.

Sementara itu, Wakil Presiden Jorge Glas menyebut peristiwa ini menjadi hal yang terburuk selama beberapa tahun terakhir. “Gerakan seismik terburuk yang kita hadapi dalam beberapa dekade,” sebut Wapres Jorge Glas.

Di Kota Portoviejo, gempa menghancurkan sebagian besar rumah penduduk. Pasar di kota itu juga hancur. Kini hanya puing-puing yang tersisa dan bertebaran di sepanjang jalan. “Kejadian itu sangat mengerikan, ini pertama kalinya saya merasakan gempa seperti ini,” kata seorang warga, Bibi (57), seperti dilansir dari AFP.

Mengutip situs BBC, Senin (18/4/2016), Presiden Ekuador, rafael Correa, telah memperpendek kunjungannya ke Italia akibat bencana yang melanda negaranya itu. Ia memerintahkan prioritas penyelamatan korban selamat.

“Semua bisa dibangun kembali, tetapi yang paling sulit adalah memulihka kehidupan seperti semula. Itu menjadi tugas kita semua,” kata Correa.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.