Friday, 24 March 2017
Trending Topics:
Friday, 15 Apr 2016 - 9:30 wita

UKM Jurnaslitik Rekrut Anggota Baru Lewat Diklat

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE (Makassar): Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Intelektual Universitas Bosowa (Unibos) menggelar Diklat Dasar Jurnalistik angkatan III, Kamis 14/4/2016). Kegiatan ini diikuti mahasiswa Unibos dari berbagai fakultas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses kaderidasi  sehingga keberlanjutan organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya. Diksar Jurnalistik ini mengangkat tema “Jurnalis Intelektual, Intelektual Jurnalis”. Pada kesempatan itu, panitia menghadirkan banyak tokoh yang telah melanglang buana di dunia Jurnalistik memberikan materi dan membagikan pengalaman.

Ketua UKM Jurnalistik Unibos, Herman, mengatakan bahwa jurnalis harus hadir sebagai sosok intelektual yang tetap menjaga nilai-nilai dan kode etik jurnalistik.  Ditegaskannya, acara ini merupakan proses awal yang memberikan peluang kepada calon-calon jurnalis muda untuk bisa belajar banyak dari proses-proses jurnalistik.

Mas’ud Muhammadiah yang merupakan mantan Jurnalis dan sekarang menjadi akademisi Unibos dan merangkap Pembina UKM Jurnalistik menyampaikan bahwa konsep perekrutan UKM Jurnaslistik ini telah mengalami pembenahan dari satu angkatan ke angkatan yang lain. “Kami belajar dari zaman,”ungkapnya.

Saat ini UKM Jurnalistik tidak hanya berproses dalam lingkup media cetak saja namun juga telah melibatkan berbagai media lainnya, seperti online, televisi, dan juga radio.

Kegiatan hingga hari ini, Jumat (15/4), dimulai dengan materinya dengan Manajemen Pers Kampus yang disampaikan Dahlan Abubakar yang merupakan Pembina Penerbitan Kampus (PK ) Identitas Unhas. Materi ini merupakan pengantar awal untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta diklat tentang bagaimana membedakan pers kampus dengan pers mahasiswa.

“Pers kampus adalah lembaga yang dikelola oleh civitas akdemika, di dalamya ada mahasiswa dan juga civitas akademika lainnya. Dananya pun diberikan dari kampus,” ungkapnya. Dahlan Abubakar yang juga menjabat sebagai Kepala Humas dan Protokoler Unhas ini membagi pengalamannya selama menjadi jurnalis dan suka dukanya dalam mengelola pers kampus.

Menurutnya, sebagai pers kampus, anggota yang berada di dalamnya bukanlah berarti diberi batasan dalam mengkritik sistem di sekitar mereka. Namun mereka dididik untuk bertanggung jawab terhadap setiap proses jurnalistik yang mereka lakukan. “Kritik boleh, namun harus ada alasan yang jelas,” tegasnya.

Materi lain yang akan diberikan kepada peserta Diklat Jurnalistik ini adalah Materi Manajemen Pers Kampus, Liputan Investigasi, Kode Etik Jurnalistik, Teknik Photography, Bahasa Jurnalistik, Strategi Pemasaran Pers, Jurnalisme Radio, Jurnalisme Televisi,  dan Jurnalisme Online. (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.