Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Friday, 08 Apr 2016 - 9:55 wita

Lomba Musabaqah Kitab Kuning antar Pondok Pesantren di Makassar

Reporter: Mardianto |  Editor: yani - celebesonline.com
kitab kuning
()

CELEBESONLINE (Makassar): Babak penyisihan lomba Qira’ Musabaqah Kitab Kuning di Pondok Pesantren An Nadhlah Makassar, kemarin malam, berlangsung sederhana. Kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk memberikan pemahaman dan pengkajian kitab kuning sebagai sumber referensi keilmuan dan hukum Islam.

Meski tak seramai lomba Musabaqah pada umumnya, namun para santri sangat antusias mengikuti jalannya babak penyisihan Musabaqah Kitab Kuning. Sedikitnya, lomba ini diikuti sekitar 40 santri dari tujuh pondok pesantren yang ada di Makassar dan sekitarnya.

Pimpinan pondok Pesantren An Nadhlah, Afifuddin Harisah, mengatakan bahwa lomba Qira’ ini digelar sebagai upaya dalam memahami khasanah Islam yang pada prinsipnya bersumber dari Al Quran dan Hadis. “Namun, untuk memahami Alquran dan Hadis, diperlukan telaah mendalam dari yang pernah dilakukan oleh para ulama,” katanya.

Afifuddin menambahkan, kegiatan ini tak lain sebagai upaya untuk memberikan pemahaman bagi para santri dalam pengkajian Kitab Kuning sebagai sumber referensi keilmuan dan hukum Islam. Disamping itu, kajian Kitab Kuning pada prinsipnya mencoba menganalisa, memahami, dan mengkaji pemikiran-pemikiran dulu menjadi landasan pemahaman masa sekarang.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.