Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Tuesday, 05 Apr 2016 - 10:09 wita

UKM Litimasi Unibos Gelar Workshop PKM GT-AI

Editor: Apriani - celebesonline.com
Dian Pramana Putra
()

CELEBESONLINE (Makassar):  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa (Litimasi) Universitas Bosowa menggelar Workshop program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis dan Artikel Ilmiah (PKM GT-AI), Senin (4/4/2016). Workshop ini dihadiri oleh Lembaga Penalaran Mahasiswa se-Kota Makassar.

Workshop yang mengundang peserta dari berbagai perguruan tinggi ini menghadirkan Dian Pramana Putra sebagai pembicara. Dian dengan background pendidikan Fisika ini telah mendapat kesempatan dua kali untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

“PKM GT-AI ini merupakan ajang untuk menggali ide, menciptakan solusi terhadap permasalahan hari ini,” ungkap Dian. Dian menegaskan bahwa proposal PKM yang dikirim merupakan bentuk partisipasi mahasiswa pada ajang nasional yang bergengsi.

PKM GT-AI merupakan ajang kompetisi penalaran yang digelar oleh Kemenristek Dikti untuk mahasiswa secara nasional. Tahap lanjutan setelah proposal diterima dan memenuhi syarat, maka mahasiswa yang idenya dipertimbangkan akan mendapat kesempatan untuk mengikuti Pimnas.

Dengan berhasil mengikuti Pimnas, menurut Dian, akan memberikan efek positif bagi para peserta untuk lebih banyak belajar banyak hal dan menghargai ide-ide orang lain.

Workshop PKM GT-AI ini mengangkat tema “Langkah Awal Inovasi dan Kreativitasmu”. Ketua UKM Litimasi, Kasyanto, mengungkapkan bahwa pemilihan tema ini merupakan bentuk harapan agar workshop ini menjadi awal bagi seluruh peserta workshop untuk ikut serta dalam PKM GT AI 2016 ini. PKM GT-AI merupakan ajang nasional yang diadakan oleh Kemenristek Dikti

Workshop ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Unibos, Haris Hamid. Diakuinya bahwa setelah pengalihkelolaan dari Yayasan Andi Sose ke Yayasan Aksa Mahmud telah terjadi peningkatan minat mahasiswa terutama dalam bidang penalaran.

“Kompetisi ini merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk bisa membangun kapasitas diri,” ungkapnya.

Melalui kesempatan ini juga, Haris menyampaikan bahwa pembenahan terdekat yang akan dilakukan oleh Unibos adalah menjadikan Penulisan Karya Ilmiah yang bersinergi dengan PKM mendapatkan porsi 1 SKS pada kurikulum pembelajaran Unibos. “Sehingga output yang dihasilkan adalah 1 proposal PKM,” tegasnya. (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.