Thursday, 30 March 2017
Trending Topics:
Tuesday, 05 Apr 2016 - 20:40 wita

Penerima Beasiswa Australia Belajar Ternakkan Sapi Tanpa Tanduk

Reporter: azwar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Sapi jenis Brahman merah
Sapi jenis Brahman merah
(GI Brahman Stud)

CELEBESONLINE (Australia): Sekolah penggembalaan ternak di kawasan Longreach, Australia, memberi kesempatan bagi warga Indonesia penerima beasiswa Australian Awards Scholarship belajar pemeliharaan ternak di tempat itu. Ini memang kawasan yang cocok untuk belajar banyak hal, termasuk manajemen pemeliharaan ternak dan cara pembibitan ternak sapi unggul tanpa tanduk.

Para peserta kursus singkat ini bersama dengan dua awak CELEBES TV disambut pemilik peternakan pasangan Kelvin dan Libby Harriman. Libby dokter hewan yang berperan penting dalam kegiatan pembibitan ternak sapi. Kunjungan diawali diskusi mengenai kegiatan pembibitan di tempat ini. Mulai bagaimana mengelola lahan yang sangat luas, meminimalkan gangguan ternak, sampai pada kegiatan pemasaran ternak sapi yang telah layak jual.

Peserta dibawa ke lokasi lahan untuk melihat langsung metode pemeliharaan ternak yang diterapkan di tempat itu. Peserta kursus diperlihatkan cara penyemaian pakan ternak jenis rumput yang diklaim memiliki kandungan protein sebanyak dua puluh persen selama lima hari penyemaian. Rumput yang dinamakan barley tersebut cocok meningkatkan berat daging jenis ternak domba dan sapi.

Pasangan ini juga memperlihatkan sapi jenis brahman yang telah mendapat perlakuan khusus agar tidak memiliki tanduk. Ini dilakukan untuk menghindari ternak saling melukai satu dengan yang lainnya sekaligus diklaim mampu meningkatkan kualitas kesehatan hewan tersebut.

Salah satu peserta, Suroso, manajer sekolah peternakan rakyat dari Banyuasin, Sumatera Selatan, mengatakan, dari materi yang didapatkan, ada banyak hal bisa dipelajari dan diterapkan di daerahnya. Salah satunya bagaimana memaksimalkan lahan kering dengan pemanfaatan sumber air yang cukup untuk tetap menjaga kualitas dari segi kesehatan dan berat tubuh ternak sapi.(*)

Laporan: Azwar Parewangi dan Mukhtar Lutfi dari Australia untuk CELEBES TV

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.