Monday, 16 January 2017
Trending Topics:
Friday, 01 Apr 2016 - 16:28 wita

Karcis Poca yang Selalu Bikin Suporter dan Manajemen PSM Makassar Marah

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Dari sekian masalah yang selalu muncul pada setiap pertandingan PSM Makassar, satu yang paling menonjol adalah karcis poca. Poca dalam bahasa Makassar berarti remas.

Gara-gara karcis poca, manajemen dirugikan karena terjadi kebocoran pemasukan. seolah-olah banyak penonton membeli karcis namun uang yang masuk ke panitia lebih sedikit daripada yang diperkirakan.

Karcis poca juga merugikan suporter. Suporter yang membeli karcis resmi biasanya berselisih dengan penonton yang duduk pada tempat yang seharusnya diduduki suporter yang membeli karcis resmi.

“Ini yang selalu ada setiap kali PSM Makassar main di Mattoanging. Saya ada bukti dan buktinya sudah saya beri ke panitia dan wartawan,” kata Sekretaris Red Gank, Sadat, pada pertemuan perwakilan suporter dengan manajemen PSM Makassar di Menara Bosowa, Jumat (01/04/2016) pagi.

Coklat dari Maczman juga meminta panitia pertandingan lebih tegas. Penonton yang masuk stadion harus yang benar-benar membeli karcis resmi. Bukan karcis daur ulang yang dijual oknum-oknum penjaga tiket. “Petugas harus tegas. Bila temukan pelaku penyebar karcis poca, maka harus ditangkap,” kata Coklat.

Karcis poca beredar dengan pola teratur. Pelaku yang bertindak sebagai penjaga karcis di gerbang masuk, mengambil karcis penonton. Karcis tidak dirobek tapi cukup diremas (poca). Karcis ini disimpan di tempat-tempat tertentu. Saat yang memungkinkan, karcis remas ini diteruskan ke seseorang di luar stadion untuk dirapikan kembali dan dijual ke pihak tertentu dengan harga lebih murah.

Menurut Daeng Ewink dari Komunitas VIP Selatan, pelaku penyebar karcis poca bergerak dengan sistematis. “Misalnya, kalau hari ini mereka ada di pintu VIP Selatan, maka pertandingan selanjutnya, mereka sudah pindah ke VIP Utara . Lalu berikutnya pindah-pindah supaya tidak dicurigai,” kata Daeng Ewink.

CEO PSM Makassar meminta panitia pertandingan agar lebih ketat mengawasi petugas atau siapa saja yang terlibat pada peredaran karcis poca. “Bawa dan tahan dia. Ini yang selalu bikin (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.