Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 23 Mar 2016 - 13:45 wita

Waspada Antraks, Dinas Peternakan Periksa Ketat Hewan yang Masuk Makassar

Reporter: Bobby Nursanca |  Editor: yani - celebesonline.com
sapi
(int)

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Peternakan Kota Makassar membentuk tim khusus untuk mengantisipasi masuknya hewan ternak yang terjangkit virus antraks. Langkah ini dilakukan lantaran sejumlah daerah penyuplai hewan ternak telah terjangkit virus berbahaya tersebut yang juga dapat menular ke manusia bila mengkonsumsi daging yang sudah terjangkiti antraks.

Sejumlah kendaraan yang membawa hewan ternak yang akan masuk ke wilayah Kota Makassar dihentikan oleh petugas Dinas Peternakan Kota Makassar di daerah perbatasan Kabupaten Gowa. Setiap hewan ternak, terutama sapi, yang akan masuk ke wilayah Makassar akan diperikaa sexara seksama dan ketat.

Petugas memeriksa surat keterangan hewan dari pemerintah penyuplai hewan ternak yang bersangkutan. Bahkan petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak untuk mengetahui apakah hewan ternak tersebut terindikasi virus antraks.

“Kami telah membentuk tim khusus untuk melakukan pengawasan di sejumlah titik perbatasan, untuk mengantisipasi masuknya hewan ternak yang terjangkit virus antraks yang datang dari berbagai daerah,” kata Kepala Dinas Peternakan, Rahman Bando.

Sayangnya, alat yang digunakan untuk memeriksa hewan yang akan masuk makassar masih manual. Ini dikhawatirkan tidak bisa memberikan hasil yang akurat.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.