Wednesday, 18 January 2017
Trending Topics:
Thursday, 17 Mar 2016 - 21:32 wita

Menteri Susi Lantik Alumnus Smansa Makassar Jadi Kepala Balitbang Kelautan

Editor: Celebesonline - celebesonline.com
CELEBESONLINE Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Zulficar Mochtar Husein
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Zulficar Mochtar Husein
(maritimeobserver)

CELEBESONLINE (Makassar): Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melantik empat pejabat eselon satu di kantor KKP, Jakarta, Kamis (17/03/2016). Keempat orang itu masing-masing Brahmantya Satyamurti Poerwadi, M Zulfichar Mochtar, Rifky Effendi Hardijanto, dan Rina.

Brahmantya Satyamurti Poerwadi sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, M Zulfichar Mochtar sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Rifky Effendi Hardijanto sebagai Kepala Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan, dan Rina sebagai Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan.

Di antara empat orang itu, Zulficar Mochtar merupakan orang pertama yang bukan pejabat karier atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan KKP yang dipilih menjadi pejabat eselon satu. Sebelumnya, Hilmar Farid, juga mencatat sejarah sebagai orang pertama di luar jalur PNS yang menjadi Dirjen Kebudayaan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ia dilantik menggantikan Kacung Marijan pada 31 Desember 2015.

Zulficar Mochtar, sebagaimana dikutip dari situs denun.net, menegaskan jabatan itu sebagai amanat yang besar. “Ini amanah berat sekali, tetaplah kita semua bersahaya dan sederhana. Bukan suara dan sensasi yang kita butuh besarkan… Mari gas, karya nyata yang perlu kita lambungkan,” kata Zulficar.

Zulficar merupakan anak Makassar dari pasangan orangtua berdarah Mandar dan Pakistan. Zulficar atau Vicar atau kerap dipanggil oleh teman akrabnya dengan nama Piken, lahir 22 Juli 1971. Ia menempuh pendidikan dasar sampai perguruan tinggi di Makassar.

Setamat dari SD Mangkura 1984, ia melanjutkan pendidikan ke SMP Negeri 6 Makassar dan SMA Negeri 1 Makassar. Penyuka olahraga basket dan sepakbola ini lulus di program studi Ilmu dan Teknologi Kelautan Universitas Hasanuddin pada 1996 di Makassar. Melanjutkan pendidikan program master di Cardiff University, United Kingdom.

Setelah itu ia melanglang di berbagai wilayah di Indonesia dan berbagai negara untuk meneliti. Ia tercatat sebagai Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) dan Koordinator Destructive Fishing Watch (DFW). Berbagai pikirannya dituangkan dalam tulisan.

Mantan penulis fiksi anak-anak di Harian Pedoman Rakyat (koran ini sudah tidak terbit) dan isu-isu pesisir ini termasuk keluarga penulis. Ayahnya, Kyai Haji Mochtar Husein, adalah mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Makassar yang rajin mengisi kolom Mimbar Jumat di Harian Pedoman Rakyat. Kakaknya, dokter Iqbal Mochtar, rajin menulis mengenai kesehatan. Dua adiknya juga menulis di bidangnya masing-masing.

Zainal Arifin Mochtar yang juga alumni SMA Negeri 1 Makassar merupakan Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada yang rajin menulis mengenai isu-isu korupsi. Zainal Arifin Mochtarsempat menjadi moderator debat pada pemilihan presiden yang menghadapkan pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla dan pasangan Pabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Zulkifli Mochtar yang telah menempuh pendidikan tingkat doktoral di Osaka, Jepang, adalah pakar bidang transportasi dan energi. Tulisan-tulisan tentang energi dan traportasi termuat dibeberapa media nasional.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.