Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Wednesday, 16 Mar 2016 - 21:41 wita

Iuran BPJS Naik, Ini Manfaat yang Dirasakan Peserta

Reporter: ikrar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan
()

CELEBESONLINE (Makassar): 1 April 2016 merupakan waktu yang paling dikhawatirkan bagi para peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia, terutama yang termasuk peserta mandiri. Ini karena mulai tanggal itu, iuran BPJS Kesehatan untuk semua kategori dinaikkan.

Namun apakah pelayanan rumah sakit dan fasilitas di dalamnya juga turut meningkat seiring melonjaknya biaya bulanan yang harus dibebankan oleh masyarakat untuk mendapatkan kesehatan di rumah sakit? Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar dr Elsa Novelia mengatakan, menurut Pasal 22 Perpres Nomor 19 tahun 2016, beberapa pelayanan kesehatan yang dijamin BPJS Kesehatan yakni pelayanan kesehatan non-spesialistik mencakup administrasi pelayanan, pemeriksaan, pengobatan, konsultasi medis, serta tindakan medis non-spesialistik, baik operatif maupun non-operatif.

BACA JUGA: MULAI 1 APRIL, IURAN BPJS KESEHATAN NAIK

Elsa menambahkan, BPJS Kesehatan juga menjamin pelayanan obat dan bahan medis habis pakai dan pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama, serta rawat inap tingkat pertama sesuai dengan indikasi medis.

Sekretaris Perhimpunan Rumah Sakit Provinsi Sulsel Hadarati Madjid menambahkan, BPJS Kesehatan melayani rujukan tingkat lanjutan bagi seluruh rumah sakit meliputi pelayanan kesehatan yang mencakup administrasi pelayanan, pemeriksaan, dan konsultasi spesialistik. Selain itu penambahan pelayanan seperti tempat tidur dan kamar juga akan ditambah.

Pemerintah sudah resmi menaikkan iuran Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai 1 April 2016. Kenaikan itu tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2016 yang ditetapkan 29 Februari 2016.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.