Saturday, 25 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 16 Mar 2016 - 12:39 wita

Hebat, Publik Bisa Pantau CCTV Maros via Smartphone

Editor: Apriani - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Maros): Menghadapi era digital saat ini, Kabupaten Maros terus berbenah. Salah satunya dengan memasang CCTV di sejumlah ruas jalan yang bisa diakses masyarakat umum.

Ya, masyarakat Maros atau siapa saja, bisa memantau kondisi beberapa titik jalan dan tempat publik di Maros melalui CCTV yang bisa diakses menggunakan smartphone atau komputer terkoneksi internet.

Untuk pengguna Komputer, pastikan terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses CCTV publik Kominfo Maros dengan cara buka link berikut: http://103.30.182.90/doc/page/main.asp. Kemudian isi username: maros serta password: baikAgar lebih lancar, sebaiknya menggunakan browser Mozilla dan mengaktifkan webcomponent untuk membuka layar kamera CCTV.

Sementara untuk pengguna smarthphone berbasis android, download aplikasi IVMS dan isi dengan ip publik: 103.30.182.90, username: maros, password: baik

Jika sudah, akan muncul beberapa pilihan titik atau sudut jalan yang bisa dipantau melalui CCTV tersebut. Seperti Batas Kota Maros-Makassar, Tugu Kupu-kupu (Depan Mapolres Maros), Perempatan BRI, Batangase, Jalur depan Pesantren Istiqomah, Poros RSUD Salewangang, Taman Nasrum, Kecamatan Lau (Barandasi), Tugu Adipura, Kantor Bupati, dan beberapa titik lainnya.

Keberadaan CCTV yang bisa diakses publik ini jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat karena tampilannya benar-benar real time. Selain bisa mengurangi tindak kejahatan di jalanan, juga memudahkan pengendara jalan memantau kemacetan.

“Kebetulan saya kerja di Makassar dan setiap akhir pekan saya pulang ke Maros. Saat di jalan, saya pantau kondisi jalan lewat CCTV, utamanya yang di dekat bandara, daerah situ sering sekali macet,” kata seorang warga yang tinggal di Batangase, Ubay.

“Ini kemajuan luar biasa dari pemerintah Maros, keren pokoknya,” tambahnya.

Terobosan ini membuat Kabupaten Maros meraih penghargaan bergengsi Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2015. Penghargaan ini diberikan atas komitmen Maros terhadap penerapan dan pembangunan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK).(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.