Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 15 Mar 2016 - 18:17 wita

Pemkot Makassar Akan Lawan Keputusan Pusat

Reporter: firman |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE PNS (ilustrasi)
PNS (ilustrasi)
(inilah.com)

CELEBESONLINE (Makassar): Pemerintah Kota Makassar akan melawan kebijakan pusat menyusul rencana pengurangan pegawai negeri sipil (PNS). Pemerintah Kota Makassar menilai kebijakan itu tumpang tindih dengan aturan aparatur sipil negara yang baru disahkan.

“Jika kebijakan ini dilaksanakan maka akan dikhawatirkan menimbulkan konflik antara pegawai dan pemerintah setempat,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Kota Makassar Basri Rahman kepada CELEBESONLINE.

Menurut Basri Rahman, pemerintah kota mempunyai pegangan aturan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara terkait kewenangan walikota dalam memberhentikan PNS. “Pemerintah pusat harus lebih cermat lagi,” ujar Basri.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara‎ dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sedang mengkaji pengurangan jumlah pegawai negeri sipil (PNS). Jumlah PNS yang mencapai 4,5 juta orang dinilai terlalu besar dan memboroskan anggaran. Pengurangan dilakukan dengan dua pilihan: pensiun dini dan menekan pengadaan PNS di bawah angka PNS yang pensiun.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.