Wednesday, 25 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 12 Mar 2016 - 13:44 wita

Petugas BPOM dan Polda Sulsel Sita Ribuan Kosmetik Ilegal

Reporter: Bobby Nursanca |  Editor: yani - celebesonline.com
Kosmetik palsu
(int)

CELEBESONLINE (Makassar) Dua rumah warga di Jalan Teuku Umar yang dijadikan gudang penyimpanan kosmetik ilegal digerebek petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sulsel dan polda Sulselbar. Ribuan kosmetik ilegal berbagai jenis akhirnya disita oleh petugas lantaran mengandung bahan berbahaya yang diracik sendiri tanpa adanya keahlian khusus dan tidak dilengkapi ijin peredaran.

Pembuatan dan peredaran kosmetik palsu kian meresahkan hingga membuat BPOM kembali melakukan penggerebekan bersama anggota Polda Sulselbar. Dari penggerebekan ini, ribuan kosmetik palsu berbagai jenis diamankan seperti sabun kecantikan, cream pemutih wajah, lotion kulit, dan lainnya.

Produk kosmetik tersebut rata-rata dijual secara bebas oleh pemilik di sejumlah pasar tradisonal di wilayah Makassar dan kabupaten sekitarnya.

“Beberapa kosmetik yang dipalsukan merupakan kosmetik terkenal di sejumlah negara Asia, seperti Jepang, Korea, hingga Tiongkok,” kata Kepala BPOM Sulsel, Muhammad Guntur.

Tak hanya rumah produksi kosmetik ilegal, petugas juga mengerebek gudang kosmetik yang dijadikan tempat penyimpanan kosmetik palsu sebelum diedarkan. Tempat ini bahkan tak jauh dari rumah produksi kosmetik dimana kosmetik palsu tersebut diracik sendiri tanpa keahlian khusus.

Akibat perbuatanya, pelaku dijerat undang-undang kesehatan pasal 196 dengan ancaman 10 tahun penjara, pasal 197 dengan ancaman 15 tahun penjara, tanpa ijin edar dan mengadung bahan berbahaya dengan denda sebesar Rp 1,5 miliyar rupiah.

Barang bukti kosmetik ilegal tersebut disita dan dibawah ke BPOM untuk penyelidikan dan pemeriksaan lebih lanjut.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.