Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Saturday, 12 Mar 2016 - 17:15 wita

Bisnis Menarik di Makassar, Tanam Rumput Hias

Reporter: Ridho Azlam |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Rumput hias
Rumput hias
()

CELEBESONLINE (Makassar): Membuat pekarangan rumah yang hijau dapat dilakukan dengan menanam rumput. Selain mengurangi debu, rumput juga diyakini dapat membuat rumah tampil asri dan lebih indah. Namun bagi petani rumput, ini bisnis yang menawarkan untung yang menggiurkan.

Salah satunya Saudi. Ia dulu seorang tukang las di Kota Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Ia beralih profesi menjadi petani rumput di Jalan Tanjung Bunga, Makassar.

Bapak dari dua orang putri ini telah menjadi petani rumput sejak tahun 2013 di lahan yang ia tempati tepat di samping Danau Tanjung Bunga. Ia bersama sang istri menanam dan menjual beberapa jenis rumput diantaranya rumput gajah mini, rumput swis, rumput peking, dan rumput zebra.

Rumput yang ditanam Saudi dijual dengan satuan meter persegi menggunakan alat cetak kotak. Rumput ini akan dipotong hingga bagian akarnya agar dapat ditanam kembali di pekarangan konsumennya.

“Pembelinya dari Makassar, Luwu, dan Tator. Pendapatan bisa Rp 5.000.000 perbulan,” kata Saudi.

Selama masa panen dan tanam, Saudi dan istrinya masih dapat membiayai dua orang karyawan panggilannya. Saudi mengatakan, bisnis penjualan rumput ini terbilang bagus dibandingkan bisnis tanaman hias lainnya.(*)

Laporan: Ridho Azlam dan Firmansyah

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.