Saturday, 03 December 2016
Trending Topics:
Thursday, 10 Mar 2016 - 10:16 wita

MAN 2 Model Makassar Juarai CCE Unibos

Editor: yani - celebesonline.com
MAN 2 Model
MAN 2 Model
()

CELEBESONLINE (Makassar): Himpunan Mahasiwa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi menggelar Cerdas Cermat Ekonomi (CCE) tingkat SMA se-Kota Makassar dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Intelektual dan semangat berkompetisi menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”, Selasa (8/3/2016).

Berdasarkan tema tersebut, kemudian ditarik tiga sub tema yang dijabarkan dalam pemilihan materi cerdas cermat sepanjang proses tersebut berlangsung. Seperti. Peranan pajak terhadap keuangan negara pembangun ekonomi, Pengaruh sumber daya alam terhadap perekonomian Indonesia, Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berbasis global.

Berdasarkan hasil babak final, MAN 2 Model Makassar keluar sebagai pemenang pertama, disusul SMAN 21 Makassar dan SMA Frater. Ketiga tim ini akan memperoleh Tropi, sertifikat, dan uang pembinaan, serta bebas tes, bebas biaya pendaftaran, dan bebas uang pangkal dengan besaran dan ketentuan yang telah ditentukan oleh Universitas.

Bertempat di Balai Sidang Universitas Bosowa (Unibos), semi final hingga babak final cerdas cermat ini digelar. Tahir selaku Ketua Himpunan mengatakan bahwa proses penyeleksian sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. “Lebih tepatnya, kami telah melakukan penyeleksian sejak 18 Januari hingga 12 Februari yang lalu. Dan dengan melihat antusiasme sekolah-sekolah yang kami kunjungi maka event ini akan kami pertimbangkan untuk menjadi event tahunan di jurusan kami,” jelasnya.

Tahir mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menambah kepedulian siswa dalam lebih jeli melihat masalah-masalah perekonomian yang ada disekitar mereka. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis, dan kemampuan untuk lebih meningkatkan pengetahuan melalui kompetisi sportif, serta sebagai media pengaplikasian dan penjabaran ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Babak semi final hingga final yang dilakukan hari ini merupakan hasil dari penyeleksian delapan sekolah dengan 138 siswa. Keseluruhan peserta adalah 46 tim yang disaring menjadi 6 tim untuk memasuki babak semi final. Enam sekolah yang berhasil memasuki babak semi final adalah SMA Frater, SMA 21, SMA Negeri 15, SMA Negeri 7, SMA Negeri 12, dan MAN 2 Model Makassar.

“Hal ini merupakan bentuk kerja-kerja kreatif yang dilakukan oleh mahasiswa hari ini,” ungkap Dr Arifuddin Manne, Dekan Fakultas Ekonomi. “Kerja-kerja cerdas harus dipupuk untuk meningkatkan kualitas diri agar tidak tergerus oleh zaman, terutama dalam menghadapi MEA.” (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.