Monday, 27 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 10 Mar 2016 - 19:12 wita

Ini Bujukan Andalan PSM Makassar untuk Rizky Pellu

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Rizky Pellu
Rizky Pellu
(NET TV)

CELEBESONLINE (Makassar): Bukan perkara mudah bagi manajemen PSM Makassar untuk membawa Rizky Pellu ke “pelukan” PSM Makassar. Manajemen sudah berkali-kali gagal mendatangkan pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia 2008 dan Timnas Indonesia U-23 itu ke Makassar.

Segala cara sudah dilakukan. Mulai dari tawaran kontrak hingga berbicara dengan Mitra Kukar, klub yang dibela pemain kelahiran Tulehu, Ambon, tersebut. Mitra Kukar yang baru saja juara di Piala Jenderal Sudirman itu tetap ngotot memakai gelandang itu dan tak rela melepas Rizky.

Hingga kemudian datanglah suatu hal yang tidak disangka-sangka. Pakai pendekatan kebudayaan. Ternyata ayah Rizky Pellu, Kasim Pellu, juga seorang pemain sepakbola yang pernah memperkuat Persatuan Sepakbola Ambon. Posisinya sebagai penyerang.

Pada masanya, Kasim Pellu beberapa kali datang ke Makassar untuk bertanding di Makassar. Ketika di Makassar, kelompok orang Ambon di Makassar biasa menemui pemain-pemain PSA untuk melepas rindu kampung halaman. Salah satunya ayah Direktur Umum PSM Makassar Irsal Ohorella yang saat itu sebagai orang yang dituakan bagi orang Ambon di Makassar.

“Saya sering diajak Papa jika PSA ke Makassar. Saat itu saya masih kecil. Makanya saya kenal bapak Rizky Pellu. Kami bersaudara kembali bertemu dengan Kasim Pelu saat ke Tulehu, Ambon, tahun lalu. Dari situ saya tahu bahwa Rizky Pellu ternyata anak dari Pak Kasim Pellu,” kata Irsal.

Sekembali dari Ambon, Irsal pun menelepon Kasim Pellu dan menegaskan bahwa ada momen yang tidak boleh dilewatkan oleh Rizky Pellu kalau bergabung di PSM Makassar. Irsal cuma sedikit bercerita mengenai tradisi orang Ambon yang bersinar jika di PSM Makassar. Bahkan kehadiran orang Ambon sering membawa PSM Makassar. Apalagi ada kesamaan orang Maluku dan Sulsel, sama-sama pantang menyerah dan solider satu sama lain.

Irsal juga bercerita mengenai peran Ronny Patisarani yang karirnya bersinar sejak di PSM Junior. Juga ada Ajie Lestaluhu dan Mustafa Umarella. Rocky Putirai juga pernah di PSM meski hanya singkat setela didera cedera. Kasim Pellu mengaku paham dengan hal itu. Ya, biasanya PSM Makassar selalu juara jika pemainnya datang dari berbagai suku: Bugis, Makassar, Ambon, Jawa, Manado, Tionghoa, dan lain-lain. Jika PSM Makassar juara, Rizky orang pertama dari rumpun Pellu yang mengharumkan nama PSM Makassar.

Kasim Pellu yang pernah memperkuat klub Bintang Timur, Cirebon, akhirnya meneruskan cerita itu ke Rizky Pellu. Rizky yang menyadari bahwa kesuksesannya berkat binaan ayahnya, tak menolak permintaan ayahnya dan jadilah ia bergabung ke PSM Makassar.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.