Thursday, 08 December 2016
Trending Topics:
Tuesday, 08 Mar 2016 - 13:32 wita

Masyarakat Tionghoa Berburu Replika Barang Kebutuhan untuk Tradisi Ceng Beng

Reporter: azwar |  Editor: yani - celebesonline.com
ceng beng1
(int)

CELEBESONLINE (Makassar): Masyarakat Tionghoa, utamanya penganut Khonghucu, di Makassar mulai ramai melakukan persiapan ritual Ceng Beng atau tradisi ziarah makam yang dilaksanakan setahun sekali. Tradisi ini membuat penjualan replika perkakas rumah tangga laris manis di toko-toko pernak pernik khas Tionghoa.

Selain perkakas rumah tangga, mereka juga mulai menyiapkan replika pakaian, perhiasan, mata uang, kendaraan seperti mobil dan motor, bahkan rumah tinggal. Replika ini nantinya dibakar sebagai ritual sesajian atau seserahan kepada leluhur.

Tidak seperti yang dipikirkan orang awam, seluruh perkakas yang sengaja dibeli tersebut berupa replika peralatan rumah tangga dan perkakas lainnya yang terbuat dari bahan kertas dan dibuat seolah olah mirip dengan barang aslinya.

Salah satu pedagang replika Ceng Beng di Jalan Sulawesi, Ramli Eka, mengatakan bahwa tiap tahunnya replika seperti pakaian, peralatan dapur, emas batangan, kendaraan, bahkan rumah tinggal laris terjual.

“Harganya bervariasi. Mulai dari Rp 30 ribu sampai 100 ribu rupiah per buah. Ritual Ceng Beng dilakukan setahun sekali, jadi masyarakat keturunan Tionghoa sangat antusias untuk melaksanakan tradisi tersebut,” kata Ramli.

Sementara itu, menurut pemahaman penganut agama Khonghucu, tradisi Ceng Beng adalah penghormatan yang dilakukan kepada keluarga yang telah meninggal dunia yang diberikan kemewahan seperti yang diperoleh semasa hidupnya. Tradisi ini rutin dilaksanakan setahun sekali sesuai dengan tahun kalender Tionghoa yang dimulai pada tanggal 10 Maret sampai dengan 4 April mendatang.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.