Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Tuesday, 08 Mar 2016 - 10:08 wita

Foto: Balita Mendapatkan Imunisasi Polio

Reporter: apri |  Editor: yani - celebesonline.com
Seorang balita mendapat tetesan imunsasi polio
Seorang balita mendapat tetesan imunsasi polio
(Apri)

CELEBESONLINE (Makassar): Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk Polio dimulai hari ini, Selasa (8/3/2016). Orang tua yang memiliki anak usia 0-59 bulan mendatangi Pos PIN terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio. PIN ini akan berlangsung sampai tanggal 15 Maret mendatang.

Seperti terlihat di Posyandu Asoka, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate. Orang tua yang didominasi para ibu-ibu menggondong anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi polio.

Imunisasi polio oral diberikan melalui tetesan, sebanyak 2 tetes ke dalam mulut anak. Anak akan menyukai imunisasi ini karena rasa yang manis.

Anak-anak awalnya was-was saat akan diberikan imunisasi. Tapi, setelah menerima dua tetes, mereka pun tersenyum. Namun, ada juga seorang bayi sempat menangis lantaran mulutnya dipaksa dibuka karena dia sedang tertidur pulas.

Menariknya, setiap balita yang sudah mendapatkan tetesan imunisasi polio, jarinya diberikan tinta layaknya orang habis mencoblos saat pemilihan. “Anggap saja mereka habis memilih,” kata seorang ibu sambil bercanda. Jelas saja, pemberian tinta ini untuk mendakan bahwa si anak sudah mendapatkan imunisasi sehingga tidak mengulang lagi.

PIN Polio digelar lima tahun sekali. Pemberian imunisasi ini akan meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap polio. Selain itu, dengan ikut PIN Polio, orangtua berperan aktif dalam membasmi virus polio.

Indonesia telah dinyatakan bebas polio bersama dengan negara anggota WHO di South East Asia Region (SEAR) pada bulan Maret 2014. Untuk mempertahankan keberhasilan tersebut, dan sebagai bagian melaksanakan komitmen mewujudkan Dunia Bebas Polio, Indonesia perlu memperkuat pelaksanaan program imunisasi rutin polio dan kegiatan imunisasi tambahan yaitu Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.