Monday, 23 January 2017
Trending Topics:
Monday, 07 Mar 2016 - 22:36 wita

Inilah Keluhan Sopir Mobil Sampah Tangkasaki

Reporter: dian |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Mobil Tangkasaki milik Pemerintah Kota Makassar
Mobil Tangkasaki milik Pemerintah Kota Makassar
(instme.com)

CELEBESONLINE (Makassar): Menjadi sopir dan petugas sampah truk angkutan sampah Tangkasaki milik Pemerintah Kota Makassar ternyata penuh keluhan. Selain karena jenis mobil yang dipakai dinilai tidak cocok sebagai mobil sampah, juga kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Manggala yang membuat pekerjaan sopir dan petugas sampah menjadi berat

Mobil Tangkasaki memang bagus dalam hal penampungan sampah karena sampah tidak bisa tercecer karena memiliki atap. Kekurangannya, mobil ini tidak memiliki hidrolik sehingga sampah susah dibuang. Hasur dilakukan manual.

“Karena harus manual, maka pembuangan sampah di TPA menjadi lama. Mobil lain terpaksa harus antre lebih lama di depan gerbang TPA untuk menanti mobil lain membuang sampah. “Biasanya kami harus menunggu satu sampai dua jam,” kata Suardi, petugas mobil sampah Tangkasaki.

Suardi berharap Pemerintah Kota segera memberikan solusi yang paling tepat agar proses pembuangan sampah di TPA berjalan lancar. Mereka ingin seperti dulu dengan menggunakan mobil yang memakai hidrolik di bagian bawah bak sampah mobil.

Mobil sampah Tangkasaki merupakan inovasi Wali Kota Makassar agar sampah tidak gampang tercecer dan bisa memuat lebih banyak sampah. Mobil ini terdapat di tiap-tiap 14 kecamatan di Kota Makassar. Meski bentuknya modern, sampah harus dikeluarkan dengan cara manual, sebelumnya, bak sampah cukup dimirinkan ke belakang dengan hidrolik, sampah turun dengan sendirinya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.