Thursday, 23 March 2017
Trending Topics:
Monday, 07 Mar 2016 - 13:39 wita

Finalis The NextDev Pulang Kampung Berbagai Pengalaman di Makassar

Editor: Apriani - celebesonline.com
Denny Abidin
(Apri)

CELEBESONLINE (Makassar): Tahun lalu, Telkomsel sukses menggelar program The NextDev mendapatkan 20 finalis dengan aplikasi digital yang dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat. Nah, untuk menggaet lebih banyak lagi anak muda kreatif, program NexDev kembali melanjutkan rangkaian programbya dengan tajuk “NextDev Pulang Kampung”.

Sesuai nama kegiatannya, 20 finalis NextDev kembali ke 10 kota asal masing-masing, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Pontianak, Makassar, dan Gorontalo. Di Makassar, kegiatan ini digelar selama dua hari, Senin-Selasa (7-8/3/2016) di Gedung Phinisi UNM.

“NextDev Pulang Kampung merupakan upaya Telkomsel untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan di Indonesia, dimana salah satunya melalui pengenalan digipreneurship atau kewirausahaan di bidang digital. Semoga bisa menginspirasi calon developer muda Indonesia di Makassar,” kata General Manager Corporate Comnunication Telkomsel.

Dari 20 finalis NextDev, salah satunya adalah Hilman Ramadhan asal Makassar dengan aplikasi-nya “Rumah Koding”. Diharapkan, dari kegiatan ini akan muncul developer baru dengan aplikasi yang bisa memberikan solusi tepat untuk Kota Makassar.

Hari pertama NextDev diisi dengan eksibisi karya para duta NextDev. Mereka akan berbagi pengalaman, melakukan sosialisasi ide dan karya kepada masyarakat luas. Ada juga seminar ” Smart City Smart Generation” dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, dan e-Transportaion.

Hari kedua diisi dengan workshop dan simulasi untuk para calon developer maupun developer lokal dengan topik lengkap dan menyeluruh seputar digipreneurship yang terdiri dari pengembangan aplikasi digital, perencanaan finansial, dan perumusan pemasaran.

Minat anak muda di Makassar untuk unjuk kemampuan dalam mengembangkan aplikasi terbilang tinggi. Ini dibuktikan dengan banyak anak muda yang mendaftarkan aplikasinya. Ada lebih dari 200 karya yang masuk ke meja panitia.

Adapun program NextDev untuk tahun 2016 ini akan digelar mulai April 2016. Seperti NextDev 2015, dari ratusan aplikasi solusi perkotaan yang masuk nantinya akan dipilih 20 finalis yang akan mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

The NextDev merupakan salah satu program CSR Telkomsel di industri digital berupa kompetisi membuat aplikasi digital. Kegiatan ini diharapkan mendukung perkembangan ekosistem digital di Indonesia, dimana salah satu pilarnya adalah hadirnya berbagai aplikasi asal Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.