Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 05 Mar 2016 - 18:44 wita

Melihat Gerhana Matahari Lewat Baskom Tidak Aman

Reporter: Ridho Azlam |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Gerhana matahari
Gerhana matahari
(int)

CELEBESONLINE (Makassar): Akademisi fisika Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin (Unhas) Nurhasanah menyarankan kepada masyarakat untuk tidak melihat gerhana matahari secara langsung atau tanpa perlengkapan alternatif yang aman bagi mata. Warga Sulawesi Selatan berkesempatan melihat gerhana matahari pada 9 Maret 2016 pagi. Khusus di Sulawesi Selatan, yang terlihat bukan gerhana matahari total tetapi gerhana matahari parsial karena daerah di Sulsel hanya mendapatkan bayangan bulan di daerah penumbra.

“Melihat bayangan gerhana matahari melalui medium air di baskom atau telaga juga kurang baik untuk mata,” kata Nurhasanah, pakar astronomi lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 2008 itu.

Nurhasanah juga menambahkan kacamata hitam yang beredar di pasaran juga tidak diperuntukan untuk melihat matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan minimnya pelindung matahari pada kaca mata tersebut. “Sebaiknya masyarakat bisa menggunakan alternatif lain seperti kamera lubang jarum sederhana, kaca mata khusus gerhana matahari, atau roll klise foto yang terlebih dahulu di bakar sedikit agar lebih gelap,” kata Nurhasanah.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.