Wednesday, 29 March 2017
Trending Topics:
Saturday, 05 Mar 2016 - 18:21 wita

Jusuf Kalla: Hari Peduli Sampah Itu Hari Mengenang Kesedihan

Reporter: Mardianto |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Jusuf Kalla di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional
Jusuf Kalla di peringatan Hari Peduli Sampah Nasional
(TWITTER/@atr_bpn)

CELEBESONLINE (Makassar): Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla mengingatkan bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional bukanlah hari kegembiraan tetapi justru hari peringatan kesedihan. Hari itu, kata Jusuf Kalla mengingatkan bangsa Indonesia pada peristiwa 156 orang tewas karena tertimbun tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Leuwigajah, Bandung, tahun 2005.

Penegasan Jusuf Kalla itu disampaikan pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2006 di Celebes Convention Center, Makassar, Sabtu (05/03/2016). Kegiatan itu dirangkaikan dengan peluncuran Integrasi Bank Sampah ke UKM dan peluncuran Kantong Sampah Berbayar. Sebanyak empat menteri hadir di acara tersebut yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan, dan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Menurut Jusuf Kalla, terjadi peningkatan produksi sampah di Indonesia karena pola konsumsi yang berubah, utamanya pada penggunaan bahan plastik sebagai pembungkus makanan. “Masalah sampah tidak dapat dihilangkan namun harus dikendalikan dengan gerakan pakai, daur ulang, dan pakai lagi,” ujarnya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.