Thursday, 23 March 2017
Trending Topics:
Saturday, 05 Mar 2016 - 17:34 wita

Harga Rumput Laut Turun Drastis, Petani Takalar Mengeluh

Reporter: Dzulkarnain |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Rumput laut
Rumput laut
()

CELEBESONLINE (Takalar): Harga rumput laut di Kabupaten Takalar anjlok drastis dari harga Rp 8.000 perkilogram menjadi Rp 2.000 kilogram. Penurunan ini membuat petani rumput laut di Takalar mengeluh dan mencari pekerjaan baru.

“Harga itu membuat biaya yang kami keluarkan tak sebanding dengan hasil panen,” kata Farida, petani rumput laut di Takalar.

Menurut Farida, warga Desa Puntondo, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, biaya yang dikeluarkan petani cukup banyak. Saat musim tanam, mereka harus menyewa buruh untuk memasang bibit, membeli bibit yang tidak murah, serta menyediakan tali. Saat panen, petani kembali harus mengeluarkan biaya buruh tani rumput laut.

Menurut Farida, penurunan harga rumput laut akibat menurunnya kualitas rumput luat jenis sapari dan tektonik. Pembeli rumput laut enggan membeli dengan harga Rp 8.000 untuk kualitas rumput yang tidak lagi bagus. “Kami berharap pemerintah bisa meningkatkan harga rumput laut yang selama ini terus anjlok dan bisa juga memberikan bantuan baik berupa bibit, tali serta fasilitas pengeringan sehingga petani rumput laut tidak ada lagi beralih profesi,” katanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.