Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Monday, 22 Feb 2016 - 11:12 wita

Bosowa Rencana Bikin Waduk di Maros

Editor: yani - celebesonline.com
Aksa Mahmud dan keluarga saat Pesta Rakyat di Maros
Aksa Mahmud dan keluarga saat Pesta Rakyat di Maros
(apri)

CELEBESONLINE (Maros): Kekeringan menjadi momok bagi masyarakat Maros. Pada saat musim kemarau, tanah-tanah menjadi kering sehingga banyak pertanian yang gagal panen.

Melihat kondini sini, founder Bosowa Corporindo, Aksa Mahmud, menyambut harapan bupati Maros yang baru saja dilantik, Hatta Rahman, untuk membangun waduk. Hatta pun sudah menemukan lokasi tepat untuk membangun waduk tersebut.

“Ya, dalam waktu dekat ini saya bersama pak Aksa (Mahmud) akan mengunjungi Lembah Abbo. Di sana ada areal seluas 500 ha yang bisa dibangunkan waduk,” kata Hatta Rahman.

“Jika ini bisa terwujud, waduk ini bisa dimanfaatkan masyarakat Leang-Leang dan sekitarnya, kalau bisa memenuhi kebutuhan air semua masyarakat Maros. Agar saat musim kemarau, tidak ada lagi yang mengeluhkan kekerigan,” tuturnya.

Bupati Maros dua periode ini mengatakan bahwa jika waduk dibangun di Lembah Abbo, akan ada 5 juta kubik air yang bisa dimanfaatkan sepanjang tahun. Air ini bisa mengair ke sawah-sawah masyarakat, sehingga produksi pertanian makin meningkat.

Hatta berharap agar program ini bisa segera diwujudkan. Ia pun meminta dukungan pemerintah pusat maupun perusahaan lokal untuk mewujudkannya. Terutama untuk mendapatkan ijin dari Kementerian Kehutanan.

Beruntung, harapan Hatta dan Masyarakat Maros ini mendapat sambutan dari Bosowa Corporindo. Sebagai perusahaan yang juga memiliki bisnis di Maros, Bosowa pun mendukung program pemerintah Maros untuk kesejahteraan masyarakat.

“Bosowa siap bantu. Pemerintah segera rancang apa-apa yang harus dilakukan, terutama memastikan lahan dan administrasi lainnya. Tugas saya untuk membicarakan ke pemerintah pusat dan Kementerian Kehutaran agar bisa lancar program ini,” katanya.

Sayangnya, Aksa belum mau membuka besaran invetasi yang akan digelontorkan untuk membangun waduk tersebut. Sebelumnya, melalui Bosowa Semen, PT Bosowa Corporindo sudah megeluarkan invetasi di Maros lebih dari Rp 10 triliun. Jumlah itu merupakan investasi terbanyak yang dikeluarkan dari puluhan core bisnisnya yang lain.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.