Thursday, 23 March 2017
Trending Topics:
Wednesday, 17 Feb 2016 - 17:58 wita

Dua Mahasiswa Unibos Raih Penghargaan Basarnas

Editor: Apriani - celebesonline.com
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dua mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) mendapat penghargaan dari Badan SAR Nasional (Basarnas). Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala SAR Makassar, Roki Asikin di Ruang Rapat Rektor, Gedung I, Rabu (17/2/2016).

Kedua mahasiswa tersebut adalah Khaerul Hidayat dan Ita Watonga. Masing-masing adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) angkatan 2012 dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) angkatan 2013.

Berdasarkan SK dengan No SK.KSBN-07/I/BSN-2016, kedua mahasiswa Unibos meraih penghargaan atas kerja sama dan partisipasinya dalam operasi SAR kecelakaan KM Marina Baru 02B di Perairan Teluk Bone, Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 19 hingga 29 Desember 2015 lalu.

Kedatangan Roki Asikin selain untuk menyerahkan penghargaan Basarnas, juga untuk mempererat tali silaturahmi antara Basarnas dengan pihak-pihak perguruan tinggi yang memiliki organisasi SAR di lingkungan kampus.

Badan SAR yang berkantor di Makassar memiliki lingkup kerja Sulawesi Selatan dan Barat. Sedang Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersedia terbatas.

Diakui Roki Asikin, bahwa saat ini Badan SAR Makassar hanya memiliki 108 personil yang kemudian disebar dan ditempatkan di daerah Selayar, Mamuju, dan Bone.

“Dengan wilayah yang terbilang cukup luas dan SDM yang terbatas, kami akan kesulitan untuk menjangkau keseluruhan lokasi-lokasi darurat. Maka yang bisa kami lakukan adalah dengan merangkul dan memberdayakan mahasiswa,” Ungkap Roki Asikin.

SAR Unibos diakuinya sebagai lembaga kemahasiswaan yang telah banyak membantu Badan SAR dalam melakukan berbagai penyelamatan.

“Meski kami tahu, sarana dan prasarana yang dimiliki masih kurang memadai. Namun semangat yang ada patut diapresiasi. Olehnya, kedepannya kami sangat berharap kerja sama yang terjalin antar kedua lembaga ini bisa terus dijalin dengan baik,” tambahnya.

Tugas kerelawanan berupa penyalamatan dalam keadaan-keadaan darurat juga merupakan bagian dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat.

“Kerja sama ini adalah kerja sama yang positif. Olehnya, kedepannya Badan Sar kedepannya akan menjadi bagian dari struktur organisasi Sar Universitas Bosowa,” Ungkap Dr Haris Hamid selaku Wakil Rektor III Unibos saat menerima kunjungan tim Badan SAR Makassar.(*)

basarnas Unibos1

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.