Saturday, 21 January 2017
Trending Topics:
Monday, 15 Feb 2016 - 10:42 wita

Rayakan Imlek, Umat Budha Lepas Ribuan Ikan Lele

Reporter: zhizhi |  Editor: yani - celebesonline.com
Lele
()

CELEBESONLINE (Makassar): Merayakan moment Imlek, umat Budha dari Vihara Girinaga Makassar menggelar upacara pelepasan mahluk hidup ke alam bebas atau dikenal dengan sebutan Fanseng. Upacara Fangseng ini ditandai dengan melepas ribuan ekor ikan lele ke danau buatan Tanjung Bunga, Minggu (14/2/2016) sore.

Sebelum dilakukan pelepasan, terlebih dahulu diawali dengan pembacaan Parita oleh Bikhu Sangga Vihara Girinaga Makassar. Prosesi pelepasan ikan lele ini melibatkan 500 warga Tinghoa beragama Budha. Mereka antri menunggu mendapatkan ikan lele dari pengurus Vihara lalu dilepaskan ke danau.

Ketua Vihara Girinaga Makassar, Roy Ruslim, menjelaskan bahwa dalam upacara Fanseng ini ada 1.200 ikan lele di lepas ke alam bebas. Menurutnya, pelepasan satwa ke alam bebas ini tidak harus ikan lele tapi semua satwa bisa dibebaskan.

“Kita pilih ikan lele karena ini adalah salah satu hewan yang banyak dikonsumsi masyarakat, mudah didapatkan, dan cepat perkembanganbiakannya. Dengan melepas ke habitatnya, umat Budha memaknainya sebagai hukum karma dengan menyambung hidup mahluk hidup yang menunggu kematiannya. Upacara ini akan mendatangkan berkat dan mendapat umur yang panjang,” kata Roy.

“Fangseng merupakan tradisi warga Tionghoa yang beragama Budha dalam merayakan hari besar atau moment penting, seperti momen Imlek,” tambanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.