Sunday, 26 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 11 Feb 2016 - 11:52 wita

5 Pekerjaan yang Sudah Tidak Ditemukan Lagi di Makassar

Editor: Fahmi - celebesonline.com
CELEBESONLINE Servis mesin ketik
Servis mesin ketik
(Timlo)

CELEBESONLINE (Makassar): Waktu berjalan demikian cepat dan mengubah banyak hal di sekeliling kita.  Tak terkecuali mengenai jensi-jenis pekerjaan yang dulu ada menjadi hilang, dulu tidak ada lalu berada, dan pekerjaan yang tetap ada dengan kemasan baru.

Berikut ini pekerjaan yang sering ditemui di Kota Makassar namun sudah tidak ditemukan lagi saat ini berikut paparannya:

1. Pengantar Film Bioskop
Makassar pernah punya belasan bioskop yang bertebaran di berbagai sudut kota. Beberapa di antaranya yakni Bioskop Anda, Dewi, Paramount, Jaya, Istana, Madya atau Mitra (sekarang jadi BII di Jalan Kajaolalido). Film yang diputar menggunakan pita seluloid dan mesin proyektor. Satu film utuh selalu diberi jeda waktu penayangan jadi penonton bisa istirahat sekitar 15 menit atau setengah jam. Mengapa? Biasanya karena bagian film berikutnya belum dibawa si pengantar rol film ke bioskop karena bagian film itu masih diputar di bioskop lain. Salah satu kisah pengantar rol film terlihat di film Janji Joni yang diperankan oleh Nicolas Saputra dan Rachel Maryam.

2. Tukang Servis Mesin Ketik
Saat komputer masih mahal dan masih sedikit yang menguasai cara pakai, mesin ketik masih jadi andalan dalam semua bidang pekerjaan. Semua dokumen diketik menggunakan mesin ketik aneka bentuk. Urusan pekerjaa bisa terbengkalai jika mesin ketik rusak. Kerusakan umumnya pada tombol huruf, pelat huruf yang menekan pita terlepas, atau pegas tombol yang sudah rusak. Jika itu terjadi, tukang servis jalan keluarnya. Jika komponen rusak tidak tersedia yang baru, tukang mengambil dari komponen mesin ketik rusak yang sudah tidak terpakai. Pekerjaan itu sudah hilang dan berganti menjadi tukang servis komputer.

3. Pengajar Mengetik 10 Jari
Salah satu keahlian yang sering harus dimiliki bagi pelamar pekerjaan kantor adalah kemampuan mengetik cepat dengan menggunakan 10 jari. Tidak hanya mampu mengetik 10 jari tetapi juga harus cepat. Misalnya dapat mengetik 50 kata dalam semenit. Saking dibutuhkannya kemampuan ini, muncul banyak kursus yang dapat melatih seseorang mencapai kemampuan itu. Begitu komputer sudah lazim digunakan,  kemampuan ini bukan lagi prioritas. Pekerjaan ini hilang seiring mesin ketik sudah jarang dijual.

4. Tukang Solder Panci
Saat minyak tanah dan kayu masih sering dipakai sebagai bahan bakar, panci-panci alumnium dengan mudah ditemukan di dapur. Masih jarang panci dari bahan baja dijual. Panci alumnium punya kelebihan yakni gampang panas dan murah. Kekurangannya gampang bocor.

Daripada membeli yang baru, si pemilik panci bocor lebih suka memanggil tukang solder alias tukang tambal. Bahan yang digunakan untuk menambal biasanya batang timah yang lebih dulu dilelehkan dgn menggunakan besi panas. Timah dibiarkan dingin sampai menutup kebocoran.

5. Tukang Cuci Mata
Tak usah khawatir jika mata sering rabun atau perih. Cukup mendatangi tukang cuci mata yang sering ada di pasar pasar tradisional. Mata dicuci dengan menempelkan sloki berisi air pencuci ke mata. Cairan ini kemudian membantu partikel kecil seperti debu keluar dari mata. Pekerjaan ini sudah hilang sejak cairan pencuci mata gampang ditemui di toko-toko. Harganya pun terjangkau. (*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.