Thursday, 08 December 2016
Trending Topics:
Wednesday, 10 Feb 2016 - 17:32 wita

Sudah 1979 Kasus DBD di Sulsel, 14 Meninggal

Reporter: Mardianto |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Demam berdarah dengue (DBD)
Demam berdarah dengue (DBD)
()

CELEBESONLINE (Makassar): Penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sulsel makin meluas. Data Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang dihimpun dari rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh kabupaten/kota pada Januari hingga Februari 2016 memperlihatkan, sudah 1979 kasus dengan jumlah kasus kematian sebanyak 14 kasus.

Sejak Januari 2016, sebanyak 1.568 kasus DBD dan 10 kasus kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu. Sedangkan pada Februari, tercatat 411 kasus dan empat kasus kematian.

“Kami telah berupaya menanggulangi masalah itu, antara lain program juru pemantau jentik atau Jumantik di tiap rumah di seluruh daerah di Sulsel,” kata Kepala Bidang Penanggulangan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Dokter Nurul.

Ia menambahkan, upaya lainnya yakni penyediaan tenaga kesehatan yang memadai untuk memberikan pelayanan pengaduan dan kesehatan di daerah – daerah serta penyediaan bahan penanggulangan seperti pengasapan dan pencegahan melalui pendekatan sosialisasi. “Kami mengimbau masyarakat lebih memperhatikan kebersihan lingkungan terutama area genangan air karena larva jentik nyamuk Aedes Aegypti dapat bertahan hingga enam bulan di area genangan air yang telah kering.”(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.