Wednesday, 29 March 2017
Trending Topics:
Monday, 08 Feb 2016 - 8:51 wita

Jangan Lakukan Ini Saat Terima Ang Pao Imlek

Reporter: amir |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Ang Pao Imlek
Ang Pao Imlek
()

CELEBESONLINE (Makassar): Pada hari bahagia itu, seluruh keluarga berkumpul dan makan bersama. Adalah kewajiban untuk membagi kebahagiaan itu dengan memberi amplop berisi uang. Amplop berwarna merah itu dikenal dengan nama “hongbao” dalam bahasa Mandarin atau “lai see” dalam bahasa Kanton. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama Ang Pao.

Merah melambangkan energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. Memberi Ang Pao berwarna merah berarti mengharapkan si penerima mendapatkan kegembiraan dan keberuntungan. Amplop merah itu biasa disebut dengan nama “Yasui Qian” atau diucapkan dengan “yaa swai cyen”.

Ada satu hal yang tabu saat menerima Ang Pao, jangan pernah membuka amplop itu di depan si penerima. Itu tidak sopan. Bukalah di tempat tersembunyi.

Lalu bagaimana aturan pemberian Ang Pao itu? Ang Pao diberikan dari yang tua ke yang muda, dari yang memiliki pekerjaan ke yang belum punya pekerjaan, dari yang sudah menikah ke yang belum menikah. Orang yang belum menikah sebaiknya tidak memberi Ang Pao. Namun orang yang sudah menikah bisa menerima Ang Pao dari orangtuanya sebagai wujud kasih sayang.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.