Friday, 20 January 2017
Trending Topics:
Monday, 08 Feb 2016 - 9:31 wita

10 Hadiah yang Tidak Boleh Dibawa Saat Imlek

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Buah pear
Buah pear
()

CELEBESONLINE (Makassar): Meskipun Tahun Baru Imlek adalah hari bahagia bagi yang merayakan (juga hari bahagia bagi yang tidak merayakan karena telah menjadi hari libur di Indonesia), ada hal yang tidak boleh dilakukan saat memberikan hadiah. Hadiah apakah itu?

1. Benda Tajam
Jangan pernah membawa hadiah derbentuk benda tajam seperti gunting, pisau, pisau lipat, atau apa saja yang memiliki bentuk tajam. Dalam kebudayaan Tiongkok, membawa hadiah berbentuk tajam sama artinya hendak memotong persahabatan.

2. Angka 4
Apapaun hadiah itu, jangan membawa yang berjumlah empat atau yang mengandung angka 4. Pengucapan angka 4 dalam bahasa Tiongkok sama bunyinya saat mengucapkan kata mati: Si. Itu sebabnya, beberapa gedung atau hotel milik orang yang percaya dengan angka itu, tidak menyertakan lantai nomor 4. Angka empat berrarti angka sial.

3. Sepatu
Jangan membawa hadiah berupa sepatu pada hari raya Imlek. Pengucapan kata sepatu (xié /syeah) sama bunyinya dengan pengucapan kata sial atau setan (xié /syeah). Lagi pula sepatu adalah barang yang diinjak. Jangan membawa hadiah sepatu, berarapun harganya. Lebih baik beri hadiah itu ke orang lain kalau telanjur sudah membeli.

4. Sapu Tangan
Sapu tangan sering dibawa saat pemakamam. Sapu tangan juga simbol ucapan selamat tinggal. Memberi sapu tangan sama artinya mengucapkan selamat tinggal atas persahabatan.

5. Jam
Dalam bahasa China, kata “memberi jam” berbunyi sòng zhōng /song jong. Bunyi itu juga sama artinya dengan menghadiri acara pemakaman. Selain itu itu, jam atau jam tangan bermakna meninggalkan waktu. Banyak orang yang tersinggung jika diberi jam tangan seolah-olah mereka akan ditinggalkan atau akan meninggal. Ini hadiah paling tabu.

6. Buah Pear
Memberi buah di hari Imlek sangat dianjurkan. Namun jangan membawa buah pear. Buah pear jika diucapkan dalam bahasa China bunyinya lí /lee. Bunyi itu sama artinya bila mengucapkan kata meninggalkan atau berpisah.

7. Bunga Potong
Jangan membawa bunga yang batangnya terpotong. Mereka tidak suka dengan hal yang terpotong-potong. Bunga Krisan berwarna kuning atau bunga apa saja yang berwarna putih dinilai sebagai bunga sial pada saat Imlek. Bunga-bunga itu bisasanya dijumpai saat pemakaman. Memberi bungan demikian di hari Imlek sama artinya memberi tanda bahwa si penerima orang berduka.

8. Payung
Payung adalah benda yang tertolak sebagai hadiah pada hari Imlek. Kata payung dalam bahasa China bunyinya sǎn /san/. Bunyi itu sama artinya dengan kata patah atau putus. Membawa hadiah itu bisa memberi tanda bahwa si pemberi hendak putus hubungan dengan si penerima.

9 Benda Berwarna Merah atau Putih
Jangan datang ke acara Imlek dengan baju berwarna hitam atau putih. Demikian pula barang-barang berwarna demikian. Angpao berisi uang tidak boleh berwarna putih atau hitam. Pakailah warna merah karena bermakna keberuntungan, keberanian, dan kegagahan.

10. Cermin
Cermin adalah benda yang paling dihindari di Asia. Cermin dipandang sebagai benda yang mengundang hantu atau jin. Selain itu, cermin merupakan benda yang gampang pecah.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.