Tuesday, 24 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 06 Feb 2016 - 19:24 wita

Sulsel Darurat Demam Berdarah, 535 Kasus, 7 Meninggal

Reporter: Mardianto |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Demam berdarah dengue (DBD)
Demam berdarah dengue (DBD)
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menegaskan, Demam Berdarah Dengue (DBD) di Sulawesi Selatan cukup memprihatinkan. Dalam satu bulan terakhir, terdapat 535 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), tujuh di antaranya meninggal dunia.

DBD merupakan wabah penyakit yang dibawah nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang melalui air tergenang. Dokter spesialis anak Rumah Sakit Awal Bros Makassar dokter Fith Dahlan mengatakan, penyakit DBD merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Alumnus ilmu kedokteran umum dan spesialis anak Fakultas Kedokteran Unhas ini menambahkan, penyakit DBD sangat berpotensi mematikan tergantung jenis dan tingkatannya seperti DBD derajat satu, derajat dua, derajat tiga. Paling berbahaya adalah derajat empat yang tak hanya menimbulkan dampak demam tinggi namun juga pendarahan.

Dokter Fith Dahlan menambahkan, wabah penyakit DBD ini lebih mudah terjangkit bagi anak-anak dibanding orang dewasa lantaran sistem kekebalan tubuh anak-anak masih lemah dan belum sempurna dibandingkan dengan orang dewasa. “Saya mengimbau agar masyarakat aktif memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti tetutama genangan air,” katanya.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.