Wednesday, 18 January 2017
Trending Topics:
Saturday, 06 Feb 2016 - 18:40 wita

KPPU Curiga Ada Persekongkolan Harga Ayam di Sulsel

Reporter: azwar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Daging ayam (ilustrasi)
Daging ayam (ilustrasi)
()

CELEBESONLINE (Makassar): Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencurigai ada praktik kartel atau persekongkolan di bisnis usaha penyediaan daging ayam di Kota Makassar. Permainan harga itu mengakibatkan harga daging ayam naik berdasarkan permufakatan pengusaha.

KPPU menyebut persekongkolan pengusaha peternak ayam tersebut merugikan pedagang skala kecil dan menengah. KPPU Makassar menduga adanya tindakan eksploitasi yang dilakukan perusahaan mitra terhadap peternak ayam skala kecil dan menengah di Sulsel.

“Praktik kartel yang banyak dilakukan perusahaan besar di skala nasional maupun regional sangat merugikan pedagang kecil dengan taksiran jumlah kerugian yang diterima pedagang secara nasional mencapai Rp 2 triliun dalam satu bulan,” kata Komisioner KPPU RI Pusat Muhammad Nawir Messi.

Sepanjang 2015 KPPU telah melakukan penelitian pengawasan kepada peternak ayam di beberapa daerah di Sulawesi Selatan yang kemudian ditemukan ada 10 perusahaan yang diduga melakukan eksploitasi terhadap peternak yang menjadi mitranya yang merugikan pedagang.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.