Sunday, 11 December 2016
Trending Topics:
Saturday, 06 Feb 2016 - 6:37 wita

Harga Pangaan di Sulsel Makin Mahal

Reporter: azwar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Kenaikan harga beras dan lombok di Sulsel menyumbang inflasi sebesar 1,22 persen di awal tahun. Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mengklaim faktor Eelnino penyebab sejumlah harga kebutuhan pokok meningkat di awal tahun.

Pada awal tahun 2016, inflasi Sulsel mencapai persentase tertinggi di lima tahun terakhir. Inflasi terjadi karena enam kelompok pengeluaran mengalami kenaikan harga yang ditunjukkan oleh kenaikan indeks harga pada kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, kelompok perumahan, kelompok kesehatan, kelompok pendidikan, kelompok sandang, serta transportasi.

Kepala BPS Sulsel Nursyam Salam mengatakan, fenomena lonjakan inflasi diawal tahun dinilai lazim terjadi. Bebebrapa komoditi yang mengalami kenaikan harga pada Januari antara lain berasal dari kelompok komoditi pangan seperti beras, lombok, sayuran, tomat. Selain kelompok makanan, listrik dan tembakao yang juga menyumbang inflasi rata-rata sebesar di atas satu persen dari total inflasi awal tahun.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.