Sunday, 26 March 2017
Trending Topics:
Friday, 05 Feb 2016 - 18:46 wita

BPJS Makassar: Awas, Ada Calo Berkeliaran

Reporter: ikrar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Kartu Indonesia Sehat
Kartu Indonesia Sehat
()

CELEBESONLINE (Makassar): Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota makassar mengakui masih ada calo yang sering berkeliaran mencari orang yang hendak mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS). Calo ini memungut biaya dari orang yang diuruskan, meski sebenarnya pengurusan KIS di BPJS tanpa biaya.

“Kami sedang berusaha menekan calo. Warga yang hendak mendapatkan KIS, diharapkan tidak menggunakan calo. BPJS Kesehatan tidak akan membebani masyarakat yang mengurus Kartu Indonesia Sehat,” kata Kepala BPJS Kesehatan Makassar Elsa Novelia kepada CELEBES TV.

Menurut Elsa, demi menekan tindak percaloan dalam pengurusan Kartu Indonesia Sehat, BPJS Kesehatan Makassar telah membentuk posko pemantauan dan penanganan pengaduan distribusi KIS. Posko ini untuk memantau penyebaran KIS ke peserta yang berada di wilayah Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Pangkep. Jumlahnya mencapai 845.464 jiwa.

KIS yang diterbitkan BPJS Kesehatan terbagi dua yakni kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran secara mandiri dan kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan pemerintah. KIS ini berfungsi sebagai kartu asuransi kesehatan bagi rakyat miskin.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.