Sunday, 26 March 2017
Trending Topics:
Thursday, 04 Feb 2016 - 21:05 wita

Xian Ma, Klenteng Tertua di Makassar

Reporter: ikrar |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Klenteng Xian Ma di Jalan Sulawesi Makassar
Klenteng Xian Ma di Jalan Sulawesi Makassar
(panoramio)

CELEBESONLINE (Makassar): Selain terkenal dengan kulinernya, Kota Makassar juga punya klenteng tersohor yang bernama Klenteng Xian Ma. Rumah peribadatan ini berada di Jalan Sulawesi no 112 yang merupakan salah satu klenteng tertua di Kota Anging Mammiri.

Saat berada di Jalan Sulawesi, bangunan dengan arsitektur budaya Tionghoa sangat terasa saat memasuki tempat ini. Klenteng Xian Ma ini berdiri sejak tahun 1864 dan sering dijuluki sebagai Istana Naga sakti.

Berkunjung ke Klenteng Xian Ma ini, pengunjung akan menemui patung Namo Maitreya yang berada tepat di depan pintu masuk klenteng. Sembilan tiang penyanggah gedung berwarna merah menjadikan bangunan yang dipenuhi ornamen-ornamen pemujaan dewa tampak megah dan kokoh. Dua menara lampu pencerahan yang terletak di depan altar dewa-dewi dan Budha menambah keelokan klenteng ini.

Replika dua ekor naga seakan menjadi lambang kesiapan warga keturunan Tionghona menyambut hari pergantian tahun baru Imlek. Selain itu, ini ada empat patung Raja Langit dari empat penjuru mata angin dihadirkan di klenteng itu.

Seperti kebanyakan klenteng lainnya, klenteng ini didominasi warna merah dan emas sehingga lebih menarik karena memiliki lima lantai dengan koleksi dan pemandangan berbeda. Tidak hanya itu, pengunjung dapat memperoleh ilmu mengenai perjalanan Budha pada relief-relief klenteng.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.