Thursday, 19 January 2017
Trending Topics:
Monday, 01 Feb 2016 - 17:46 wita

Bukan Cuma di Makassar, Demam Berdarah Juga Meluas di Maros

Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Demam berdarah dengue (DBD)
Demam berdarah dengue (DBD)
()

CELEBESONLINE (Makassar): Dinas Kesehatan Kota Makassar menegaskan telah melakukan antisipasi untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan melakukan pengasapan. “Pengasapan dilakukan demi menghilangkan ketakutan terhadap masyarakat supaya penyakit demam berdarah tidak meluas ke daerah lain,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dokter Naisyah Tun Azikin kepada CELEBES TV.

Dinas Kesehatan Kota Makassar telah meminta seluruh pihak Puskesmas di Kota Makassar untuk mengantisipasi pencegahan demam berdarah. Salah satunya dengan rutin setiap pagi dan sore hari melakukan pengasapan ke rumah-rumah warga yang menjadi endemik penyakit tersebut

Dari data yang telah dikumpulkan Dinas Kesehatan Kota Makassar terdapat 48 kasus terduga demam berdarah di rumah sakit pada pekan ketiga tahun 2016 dan 55 kasus terduga DBD di Puskesmas pada pekan ketiga tahun 2016. “Meski belum menjadi penyakit kejadian luar biasa, Dinas Kesehatan Kota Makassar tetap menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkunyannya,” kata dokter Naisyah.

Naisyah menyebutkan, upaya pencegahan yang paling efektif adalah pemberantasan sarang nyamuk dengan melalui gerakan 3M yakni menutup, mengubur, dan menguras. “Masyarakat harus tetap waspada dan memperhatikan lingkungan tempat tinggalnya dengan melakukan 3M yaitu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air untuk memberantas sarang nyamuk,” ujarnya.

Penyebaran DBD juga terdapat di Kabupaten Maros. Beberapa anak dari wilayah Maccopa, Kabupaten Maros, telah dirawat di Rumah Sakit Salewangan Maros. “Maccopa baru saja tergenang air. Mungkin dari situ, muncul jentik-jentik nyamuk yangmenjadi penyebab DBD,” kata seorang warga yang mendampingi cucunya dirawat.(*)

Laporan: Teti Novianti (CELEBES TV)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.