Thursday, 23 March 2017
Trending Topics:
Friday, 29 Jan 2016 - 19:32 wita

Pemerintah Larang Penjualan Minyak Goreng Curah

Reporter: Mardianto |  Editor: Amir Pallawa Rukka - celebesonline.com
CELEBESONLINE Minyak goreng curah (ilustrasi)
Minyak goreng curah (ilustrasi)
(kemendag)

CELEBESONLINE (Makassar): Pemerintah melalui Kementrian Perdagangan RI telah menetapkan larangan peredaran dan penjualan minyak goreng curah dijual di pasaran mulai 27 Maret 2016. Sebagai pengganti, konsumen disarankan membeli minyak goreng dalam kemasan.

Terkait itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan Hadi Basalamah menyambut baik kebijakan tersebut. Menurut Hadi, larangan ini untuk melindungi konsumen karena banyak minyak goreng curah tak memenuhi kualitas Standar Nasional Indonesia terutama kandungan vitamin dan mineral di minyak itu.

“Kebijakan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2014 yang menyatakan minyak curah tak dapat diperdagangkan lagi merupakan langkah tepat. Ini untuk kepentingan masyarakat dan peningkatan kualitas produksi minyak di Indonesia,” kata Hadi.

Hadi menjelaskan, sebelum keputusan tersebut dikeluarkan, beberapa pertimbangan di antaranya mengenai tingkat kehigenisannya yang tidak terjamin, kebersihan, serta kandungan vitaminnya yang belum jelas. Pemerintah berharap pelaku usaha minyak curah akan dibina bagaimana memproduksi minyak dengan kualitas Standar Nasional Indonesia termasuk pengemasan agar pelaku usaha tetap berproduksi.

“Kami telah menurunkan tim untuk memantau langsung kondisi di beberapa pasar tradisional terkait dampak kebijakan tersebut. Dari pemantauan tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel, hingga saat ini kebijakan tersebut belum berdampak secara signifikan di pasar karena harga minyak goreng di pasar masih stabil.(*)

Komentar Anda

Komentar saat ini: komentar.